Bosch dan Alibaba Group memperluas kemitraan strategis untuk mempercepat transformasi dan inovasi digital berbasis teknologi cloud computing dan kecerdasan buatan (AI). Pilar utama lainnya adalah ekspansi e-commerce.
Sinergi antara keahlian Bosch dan teknologi Alibaba ini diharapkan akan meningkatkan inovasi, efisiensi, dan nilai bisnis di tingkat global, dengan AI sebagai penggerak utamanya.
“Kemitraan ini membuka peluang bagi Bosch dan Alibaba untuk memperluas penawaran kami di pasar global,” ujar Dr. Tanja Rückert, anggota dewan manajemen Bosch dan Chief Digital Officer.
Ia juga menjelaskan bahwa kolaborasi ini memadukan teknologi dan keahlian kedua perusahaan, dengan tujuan meningkatkan efisiensi operasional dan inovasi global.
Dr. Rückert juga menegaskan bahwa AI adalah elemen utama dalam inovasi Bosch, dan kemitraan dengan Alibaba dianggap penting untuk memaksimalkan potensi dan nilai bagi pelanggan.
Sementara itu, Joe Tsai, Chairman Alibaba Group, menyatakan bahwa kemitraan ini mencerminkan fokus Alibaba pada pemanfaatan teknologi AI dan cloud.
Ia menambahkan, kolaborasi ini menggabungkan keahlian Bosch di bidang otomotif dan peralatan rumah tangga dengan teknologi Alibaba untuk menghadirkan solusi yang lebih terintegrasi bagi pelanggan di berbagai pasar global.
Kemitraan di Bidang Cloud & AI
Sebagai bagian dari kerja sama ini, Bosch akan melakukan migrasi operasi digital ke cloud Alibaba sekaligus memanfaatkan kapabilitas AI untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kecerdasan produknya.
Kolaborasi mencakup berbagai lini bisnis, termasuk peralatan rumah tangga, kendaraan, serta pengembangan kokpit pintar dan kendaraan otonom berbasis model multimodal Qwen.
Langkah ini bertujuan memperkuat inovasi, menghadirkan proses bisnis yang lebih cerdas, dan mempercepat adopsi teknologi digital di seluruh dunia.
Ekspansi E-commerce
Dalam kemitraan strategis ini, Bosch dan Alibaba juga akan memperluas bisnis e-commerce dengan menambah portofolio produk, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan menyajikan pengalaman belanja yang lebih menarik.
Tahun 2025, Bosch akan meluncurkan produk baru di Cina berdasarkan insight tentang konsumen yang diperoleh dari platform Alibaba. Sementara Alibaba akan membantu menjangkau lebih banyak pelanggan lewat strategi pemasaran digital.
Bosch juga akan membawa produk-produknya ke Asia Tenggara, Spanyol, dan Amerika Latin melalui platform global Alibaba, seperti Lazada, Miravia, dan AliExpress. Dengan cara ini, konsumen di berbagai negara bisa menikmati produk inovatif dan berkualitas.